Sabtu, 18 September 2010

Sampah???

Banyak hal yang bisa kita lihat dan perhatikan terhadap hal-hal kecil yang tanpa kita sadari hal tersebut berdampak pada kehidupan kita. Sampah.. Apa yang Anda pikirkan terhadap kata yang satu ini? Yah, tanpa kita sadari sampah sekecil apa pun, secara langsung maupun tidak langsung, akan berakibat kepada kehidupan Anda , kehidupanku, kehidupan kita semua. Banyak permasalahan yang dapat kita pelajari dari dampak sampah pada kehidupan nyata kita. Anda bisa pikirkan, apa yang Anda takutkan pada sepuntung rokok yang Anda temui di lantai koridor kampus Anda (ditujukan bagi para mahasiswa)? (Padahal seharusnya kampus itu areal bebas rokok!!)

Sebagian orang yang tidak peduli mungkin akan berpikiran bahwa itu adalah hal yang biasa saja. Tapi saya serahkan segala pemikiran ini kepada pribadi pemikiran Anda sendiri. Tapi sejujurnya saya sendiri agak risih terhadap permasalahan ini. Bayangkan bila pada suatu desa yang terdapat kali, di mana di sekeliling kali tersebut hidup sebuah populasi yang didiami oleh 100 kepala keluarga dan tiap keluarga terdiri dari seorang ayah, seorang ibu dan sepasang anak. Untuk satu bulan tiga puluh hari, berkutat hidup dengan memakan segala sesuatu yang tidak lepas dari satu, dua bahkan tiga kantong plastik yang membungkusnya. Kemudian dari satu keluarga saja membuang sampahnya ke kali pada satu hari saja, apa yang akan terjadi? Oke, tidak terjadi apa-apa.

Nah, sekarang dalam satu hari tersebut, seratus orang membuang sampahnya ke kali, apa yang akan terjadi? Tak ada sesuatu pun yang terjadi dengan berarti. Tidak berarti? Apa maksud Anda dengan tidak berarti!!! Oke, lakukan hal yang sama oleh mereka selama satu bulan tiga puluh hari! Apakah Anda akan mengatakan hal itu sangat tidak berarti?!

Tak heran Pekanbaru banjir! 


Tak heran Jakarta banjir! 


Pemecahan satu-satunya adalah pengelolaan. Itu adalah cara untuk mereduksinya. Silahkan Anda cari referensi untuk memecahkan persoalan ini. Ini adalah langkah awal kita untuk peduli terhadap lingkungan.

1 komentar:

  1. Masalah sampah masih menjadi masalah tahunan di Indonesia kayaknya........

    BalasHapus