Senin, 27 September 2010

Eksistensi Bahasa Inggris di Tanah Melayu

Tidak bisa ditampik lagi bahwa Pekanbaru sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Pekanbaru adalah salah satu kota bisnis di ranah negeri ini. Tentunya menuntut kecakapan warganya untuk menyikapi keadaan kota yang tiap tahun jumlah penduduknya selalu bertambah. Penduduk yang kian bertambah asalnya tidak hanya dari provinsi tetangga, tetapi juga orang-orang dari luar negeri. Hal ini terjadi karena mereka melakukannya atas dasar keefektifan waktu terhadap pekerjaannya di kota bertuah ini yang sebagian besar bekerja di bidang bisnis.

Untuk menyikapi hal tersebut, tentunya bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang perlu diperhitungkan. Bahasa asing ini adalah bahasa yang sifatnya general yang mau tak mau harus digunakan, terlebih lagi di bidang bisnis. Oleh karenanya, kini banyak bertebaran tempat-tempat kursus bahasa inggris di kota ini.

Pustaka Soeman Hs sebagai pustaka terbesar di Indonesia yang berada di Kota Pekanbaru juga menyikapi hal ini. Pada akhir tahun 2009 lalu dibentuklah suatu komunitas berbahasa inggris yang diberi nama Soeman Hs English Community atau disingkat SECom.

Suasana Pustaka Soeman Hs sebagai homebase SECom pada malam hari
Komunitas ini diikuti oleh berbagai kalangan, dari yang tua hingga yang muda. Yang sedang bersekolah hingga yang telah bekerja. Karena sifatnya yang terbuka untuk umum, komunitas ini boleh diikuti oleh siapa saja yang ingin meningkatkan bahasa inggris. Menurut salah satu pembimbingnya, Om Endra, komunitas ini adalah komunitas umum yang boleh diikuti oleh khalayak umum. Syaratnya mudah, asal ada basic bahasa inggris, dia boleh ikut. Waktu untuk pertemuannya dijadwalkan pada akhir minggu dimana kebanyakan orang pada hari itu libur kerja dan kuliah. Biasanya pada hari Sabtu dijadwalkan pada pukul 14.00 hingga 16.00 dan pada hari Minggu pukul 10.00 hingga 12.00. Tempat pertemuannya pun representatif, bertempat di lantai II atau lantai III gedung pustaka. Karena mengambil tempat di salah satu glass-room (ruang kaca) yang memuat 5 hingga 10 orang, membuat suasana pertemuan semakin intens. Tiap pertemuan biasanya dilakukan dengan membahas suatu topik dimana tiap-tiap peserta akan diminta opini dan pendapatnya dalam bahasa inggris. Jadi, kegiatan biasanya diisi dengan kegiatan daily talks (percakapan sehari-hari). 
Anggota SECom berpose di foyer lobby gedung pustaka
Salah satu penggagas komunitas ini, Zulkifli atau biasa disapa dengan nama Uncle Jo, berharap komunitas ini membentuk setiap anggotanya agar aktif berbahasa inggris. "Dimana-mana sekarang syarat bekerja harus bisa berbahasa inggris. Oleh karena itu, silahkan cari kerja di luar negeri sehingga bahasa inggris kalian bisa dipakai." Pria kelahiran Indragiri Hilir ini memang termasuk yang bersemangat mendorong munculnya komunitas ini. Pria yang merupakan pensiunan Departemen Transmigrasi ini membentuk komunitas bersama Sekretaris BPAD Provinsi Riau, Drs. H. Yusri, yang juga merangkap ketua SECom. Untuk diketahui, karena komunitas ini bertempat di Pustaka Soeman Hs, maka komunitas ini juga didukung oleh pemerintah daerah setempat.

Berpose bersama Ketua SECom dan Konsul
Singapura Gavin Chay
Komunitas ini juga telah berhasil mencetak prestasi ketika English Festival yang diadakan Konsulat Jenderal Singapura pada tanggal 25 April 2010 yang lalu. Dua tim diturunkan untuk mengikuti festival ini. Masing-masing tim debat diikuti oleh Ramadhanil, Alvan Giovanny dan Athri Kasih; sedangkan tim drama diikuti oleh Indra, Dantes Mareka Putra, Syafrizal, Herdi Yulian dan Alfian. Tentunya ini adalah prestasi yang gemilang di tengah-tengah keadaan dimana remaja lain sibuk dengan aktivitas lain yang tidak bermanfaat. Yang tak kalah hebatnya di komunitas ini juga diikuti oleh tim debat nasional dari SMKN 2 Pekanbaru. Sebut saja Nanda Fadriansyah dan Ezi Syaputra yang telah mengukir berbagai prestasi di dunia debat bahasa inggris yang diadakan di kota-kota besar di Indonesia. 


Komunitas ini juga memiliki grup di Facebook dengan alamat http://www.facebook.com/group.php?gid=293963908960 atau dengan kata kunci SECom (Soeman Hs English Community).

4 komentar:

  1. my lovely SECom,, nasib mu kini....

    BalasHapus
  2. wah abang......

    btuh bimbingannya buat blog athri yah....
    heemmmppphhhh....

    log saya nganggur ituh jarang ditulisin...hwehehe

    saia nya aja kali ya yang rada malas nulis setelah beberapa tahun....hwe

    BalasHapus
  3. haaaaa aku kok ga dibilang sih kalau mau poto-poto....

    BalasHapus
  4. ^.^
    nice blog...
    SECOM spirit...
    cahyo!

    BalasHapus