Sabtu, 12 November 2011

Rencanakan Jalan-jalan Ke Luar Negeri dengan Matang

Dengan penghasilan ekstra yang kita miliki, jalan-jalan ke luar negeri menjadi sangat mungkin. Namun liburan ke luar negeri berbeda dengan liburan domestik, terutama dalam hal persiapannya. Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari paspor, visa, bagasi, asuransi perjalanan hingga bahasa setempat. Untuk mengalami jalan-jalan ke luar negeri yang menyenangkan, sebaiknya persiapkan hal-hal berikut dengan matang:

Paspor
Kalau belum punya paspor, segera buat paspor. Kalau sudah punya paspor, periksa tanggal berakhirnya. Pastikan masa berakhirnya masih lebih dari 6 bulan terhitung dari tanggal keberangkatan.

Visa perjalanan/liburan
Untuk perjalanan ke negara ASEAN, visa tidak diperlukan. Di luar negara ASEAN, periksa apakah perlu membuat visa sebelum perjalanan atau visa bisa didapatkan di bandara saat sampai di negara tujuan (visa on arrival).

Daftar keperluan
Daftar apa saja yang perlu dibawa sangat penting karena kita ingin membawa semua yang kita perlukan, tanpa membebani bagasi. Mulai menyusun daftar barang bawaan dari kepala hingga kaki.

Tas tangan
Tas tangan berperan penting dalam perjalanan. Pastikan mengemasnya dengan cerdas. Bawa satu atau dua pakaian di dalam tas jinjing sebagai antisipasi kalau kehilangan bagasi. Selain itu yang perlu dibawa juga adalah obat-obatan, tisu basah, buku bacaan, sudoku atau puzzles, hand lotion ukuran kecil, cemilan atau permen.

Adaptor
Untuk yang tidak bisa lepas dari gadget, beli adaptor sebelum pergi karena biasanya kecil kemungkinan kita bisa mendapatkan adaptor di negara tujuan.

Perbedaan budaya
Sebelum berangkat, usahakan untuk mempelajari budaya setempat terlebih dahulu. Yang terbaik dari wisatawan asing saat menemui budaya baru adalah menunjukkan sikap hormat, walaupun barangkali kita tidak tahu kalau kita telah menyinggung seseorang. Ada budaya di mana menunjukkan bagian bawah kaki sangat dilarang. Begitu juga dengan bersalaman dengan tangan yang salah atau menyela pembicaraan orang. Jadi pelajari sebelum pergi.

Bahasa
Kalau ingin mengesankan orang lokal, pelajari beberapa frase kunci untuk sekedar bertanya di mana kamar mandi atau arah jalan.

Tempat tujuan
Sempatkan waktu untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya tempat wisata yang akan dituju di negara tujuan. Mempersiapkan tempat tujuan wisata akan menghemat waktu perjalanan. Selain itu, juga mempersiapkan kita untuk menghadapi berbagai situasi di tempat tersebut. Misalnya, ada beberapa temple yang mengharuskan kita untuk mengenakan pakaian tertutup saat berkunjung.

Jadi, persiapkan dengan matang perjalananmu dan selamat menikmati perjalanan yang menyenangkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar